Kerupuk Melarat / Kerupuk Mares

Friday, November 06, 2009 , Posted by Alfian at 8:55 AM

Kerupuk yang digoreng tanpa minyak ini dijual biasanya dikemas dengan kemasan ukuran kantong plastik kecil, kira-kira 1 ons, hingga ukuran kantong sebesar karung kecil. Untuk ukuran plastik kecil biasanya dijajakan di warung-warung. Sedangkan ukuran besar, biasa dipajang pedagang (kios, agen) atau pedagang khusus makanan oleh-oleh.

Kerupuk melarat memiliki nama lain yaitu kerupuk mares yang berasal dari kata lemah ngeres (lemah = tanah, ngeres = berkerikil sebesar pasir). Pemindahan nama ini tidak lain mengangkat martabat jenis makanan ini, karena kata melarat identik dengan kehinaan. Melarat adalah kata lain dari miskin. Sementara itu Tanjung, Brebes, Jawa Tengah, kerupuk ini dikenal dengan nama kerupuk diesel. Konon dinamakan diesel karena pembuatannya digoreng dengan menggunakan pasir sembari di esel-esel.

Selain dinamakan kerupuk saja, kerupuk melarat juga tidak jarang dimakan dengan sambel, baik sambel kacang maupun samble asem. Di samping itu tidak jarang kerupuk ini digunakan sebagai pelengkap pecel, dengan sambel kacang atau sambel asem atau keduanya.



Terimakasih telang berkunjung.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau

menanggapi tulisan saya, Silakan tinggalkan komentar.

Post a Comment