Nasi Lengko Khas Cirebon

Wednesday, April 07, 2010 , Posted by Alfian at 12:44 PM

Bagi masyarakat Cirebon tentunya tidak asing lagi dengan masakan yang dikenal dengan nama nasi lengko. Akan tetapi bagi yang diluar Cirebon khususnya di luar pulau Jawa mungkin ada yang tidak mengenal makanan khas asal Cirebon ini. Kata lengko (dalam nasi lengko) berasal kata langka (dalam bahasa Cirebon) yang mempunyai arti tidak ada atau jarang. Ada juga yang menganggap penamaan nasi lengko berasal dari kata lekoh yang berarti kental.

Ide pembuatan masakan ini bermula dari keprihatinan masyarakat Cirebon atas kondisi serba kekurangan pasca kemerdekaan. Atas dasar itulah dibuat masakan sederhana dengan bahan utama nasi putih yang dilengkapi dengan tahu, tempe, tauge, mentimun, daun kucai, kecap, bumbu pecel/ sambal bumbu kacang. Dari semua bahan tersebut ada satu bahan yang kadang tidak disertakan, yaitu bumbu pecel/ sambal bumbu kacang. Pada awal kemunculannya, masakan ini dijajakan di kawasan Pasar Mambo, Jalan Lawanggada, Cirebon. Kemudian kepopuleran nasi lengko merebak keseluruh wilayah Cirebon dan ke daerah lain. Bahkan bisa saya katakan bahwa hampir tidak ada masyarakat yang tidak mengenal makanan khas ini.

Masakan ini terbilang praktis dan gampang sekali pembuatannya, baik dari segi bahan yang mudah didapat dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama unutk membuatnya.
Bahan bahan yang diperlukan adalah nasi putih, tahu, tempe, tauge, daun kucai, kecap, bawang goreng dan bumbu sambal kacang (tidak adapun tidak apa-apa). Sedangkan Pembuatannya seperti ini:

  • Ambil nasi secukupnya letakkan di sebuah piring
  • Potong kecil-kecil tahu dan tempe, biasanya kotak menyerupai dadu
  • Potong kecil-kecil mentimun dan daun kucai
  • Letakkan tahu, tempe, kucai yang sudah dipotong-potong tadi di atas nasi
  • Ambil tauge secukupnya (biasanya direndam air panas sebentar sebelumnya)
  • Bumbui dengan kecap, sambal kacang bila ada, dan taburi dengan bawang goreng
  • Hidangkan dengan kerupuk atau apa saja sesuai selera anda


    Cara di atas adalah resep aslinya, tetapi dalam perkembangannya tidak sedikit orang yang membuatnya dengan tambahan lauk beragam. Dalam hal ini semuanya tergantung selera masing-masing. Kalau kamu suka nasi lengko yang bagaimana?


    Terimakasih telang berkunjung.

    Jika ada yang ingin ditanyakan atau

    menanggapi tulisan saya, Silakan tinggalkan komentar.

    Post a Comment