Sambel Dage / Sambal Oncom

Thursday, May 06, 2010 , Posted by Alfian at 1:54 PM

Jika saya sebut kata dage, mungkin agak asing terdengar di telinga orang. Tetepi jika menyebutkan oncom, tentunya kata ini lebih dikenal oleh kita. Sebenarnya sih dage dan oncom itu makanan yang sama, cuman di Cirebon lebih dikenal dengan istilah dage. Agar tidak asing ditelinga anda, maka saya sebut saja oncom. Oncom ini merupakan bahan makanan yang terkenal di wilayah jawa barat, termasuk di Cirebon. Makanan ini ada dua jenis berdasarkan warnanya, yaitu oncom merah dan oncom hitam. Tetapi yang lebih sering dijumpai yang berwarna merah karena digunakan sebagai bahan pembuatan combro dan makanan lainnya.

Pada tulisan ini saya akan berbagi kepada anda tentang cara pengolah oncom merah. Tetapi tidak untuk membuat combro. Saya akan berbagi resep pembuatan sambal dari oncom. Di kota Cirebon lebih dikenal dengan sambel dage. Sambel dage / samabal oncom ini biasa digunakan sebagai pelengkap jajanan khas cirebon yang dikenal dengan nama kerupuk sambel. Oke langsung saya bahas bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:
  • Dage / oncom merah 1 kotak
  • Cabe rawit 1/2 ons
  • Cabe merah 1/2 ons
  • Gula merah secukupnya (jangan terlalu banyak)
  • Bawang merah 3-4 siung
  • Terasi sebesar 1/2 kuku jari
  • Garam secukupnya
  • Vetsin 2 bungkus kecil
Cara pembuatannya:
Ulek oncom bersama cabe merah, cabe rawit, bawang merah. Setelah halus, tumis dengan sedikit minyak. Setelah dirasa cukup matang, masukkan air 1-1/2 gelas atau sesuaikan dengan oncom yang digunakan dalam pembuatan, jangan sampai airnya terlalu banyak. Sebelum air mendidih, masukkan gula merah, terasi, garam, dan vetsin. Biarkan mendidih dan air dalam sambar berkurang. Lalu hidagkan bersama makanan kesukaan anda.

Di cirebon sambal oncom disajikan bersama kerupuk melarat atau kerupuk mares (kerupuk sambal). Atau bisa juga digunakan sebagai pengganti sambal biasa. Anda bisa menyesuaikan banyaknya air yang digunakan dalam pembuatan. Biasanya dalam kerupuk sambal, sambal yang digunakan cukup berair. Jika anda menghidangkannya bersama nasi atau makanan lainnya, bisa juga dibuat sedikit lebih kering. Selamat mencoba..


Terimakasih telang berkunjung.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau

menanggapi tulisan saya, Silakan tinggalkan komentar.

Post a Comment